Rabu, 03 Maret 2010

Tips Aman Bersihkan Telinga

This article explains a few things about news, and if you're interested, then this is worth reading, because you can never tell what you don't know.
VIVAnews - Sumbatan kotoran telinga (serumen prop) yang banyak ditemukan pada anak-anak usia sekolah dasar seringkali diabaikan orangtua. Padahal sumabatan serumen ini dapat mengakibatkan gangguan pendengaran yang pada akhirnya bisa menganggu proses penyerapan pelajaran anak-anak di sekolah.

Berdasarkan hasil survei cepat yang dilakukan oleh Profesi Perhati dan Departemen Mata FKUI di beberapa sekolah di 6 kota di Indonesia, diketahui prevalensi serumen prop pada anak sekolah cukup tinggi yaitu antara 30-50%.

Saat ini Kementrian Kesehatan pun tengah gencar melakukan kegiatan sederhana yaitu melakukan œGerakan membersihkan telinga yang telah dicanangkan dalam peringatan Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran (HKTP) pada hari ini, Rabu 3 maret 2010 di SDN 05, Rawasari, Jakarta Pusat.

Dalam peringatan HKTP hari ini, himbauan gerakan untuk membersihkan telinga kata Staf Ahli Menkes Bidang Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dan Desentralisasi dr.Krishnajaya, telah disebarluaskan ke semua propinsi di Indonesia melalui Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas serta sekolah-sekolah melalui Tim Pembina UKS baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

œKami berharap, gerakan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara kebersihan dan kesehatan telinga sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan pendengaran, kata Krishnajaya.

Sometimes the most important aspects of a subject are not immediately obvious. Keep reading to get the complete picture.

Ketua Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian, Damayanti Soetjipto pun menyatakan, selama satu bulan ke depan pihak Kementrian Kesehatan bekerjasama dengan 33 rumah sakit di Indonesia, dokter THT dan dokter praktek pribadi memberikan pelayanan gratis untuk membersihkan kotoran pada telinga. œIni diberikan secara cuma-cuma, katanya.

Namun, bagi Anda yang ingin membersihkan telinga sendiri tanpa bantuan tenaga medis, perlu hati-hati, terutama saat mebersihkan liang telinga. Karena sesungguhnya liang telinga tidak perlu dibersihkan sebab telah terdapat mekanisme œmembersihkan sendiri sehingga kotoran dapat keluar dengan sendirinya.

Berikut tips yang bisa memandu Anda, saat mebersihkan liang telinga agar aman dan tidak menyebabkan luka :

- Gunakan kapas lidi atau cotton bud. Jangan menggunakan benda runcing seperti peniti, pena, pensil, jepit rambut atau korek api untuk mebersihkan atau menggaruk telinga.

- Memasukkan ujung kapas lidi ke dalam liang telinga paling dalam satu sentimeter.

- Jangan mengorek kulit liang telinga terlalu kuat.

Now you can understand why there's a growing interest in news. When people start looking for more information about news, you'll be in a position to meet their needs.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar