Kamis, 13 Mei 2010

Enam Langkah Membunuh Cemas

This article explains a few things about news, and if you're interested, then this is worth reading, because you can never tell what you don't know.
VIVAnews - Rasa cemas seringkali datang tanpa terduga. Bukan hanya membuat perasaan tak tenang, kekhawatiran berlebihan yang tak kunjung reda bisa mengganggu kesehatan. Mulai dari mulut kering hingga peningkatan denyut jantung yang bisa memicu efek mual dan serangan panik.

Menghindar dari kecemasan bukan perkara mudah. Tapi, rasa tak nyaman itu bisa diredam dengan sejumlah cara, seperti dikutip dari laman Shine berikut.

1. Spa

Relaksasi ini bisa mengalihkan pikiran dari rasa khawatir. Tak harus dilakukan di salon dengan biaya mahal, spa bisa dinikmati di rumah. Banyak panduan spa melalui CD atau DVD yang bisa diikuti di rumah.

"Hanya butuh beberapa menit mendengarkan petunjuk narator, suara yang menenangkan, yang mendorong saya untuk mengelilingi diri dengan kekuatan, sebelum aku benar-benar tidak merasa tenang dan tidak terlalu khawatir," demikian tulis ahli pengobatan alternatif Sara Altshul.

2. Makan mangga

Menurut peneliti dari Jepang, tindakan sederhana mengupas, mengiris, dan makan mangga, bisa membantu mendinginkan kekacauan otak. Mangga mengandung senyawa yang disebut linalool. Penelitian yang dipublikasikan dalam edisi terbaru Jurnal Pertanian dan Pangan Kimia mengungkap, menghirup bau makanan kaya linalool, termasuk basil dan lemon, membantu mengatasi stres dan rasa cemas.

Cobalah membuat jus mangga dengan tambahan 2 sdm madu, 1/2 cangkir perasan jeruk, dan 1/2 cangkir plain yogurt dengan beberapa kubus es batu untuk meredakan cemas dan stres.

3. Menulis catatan pribadi

Think about what you've read so far. Does it reinforce what you already know about news? Or was there something completely new? What about the remaining paragraphs?

Carol Kryder, PhD, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mental untuk JustAnswer.com mengatakan, menulis bisa menjadi kunci untuk mengusir emosi negatif.

Catatan harian bisa menjadi media untuk mengendalikan pikiran. Jangan hanya menuliskan kecemasan, tapi coba berkhayal untuk menuliskan langkah antisipasi mengenai hal buruk yang mungkin terjadi.

4. Rangsangan karet gelang

Vandana Bhide, MD, seorang internis dalam praktik kejiwaan di Florida menawarkan terapi ringan untuk mengatasi rasa cemas berlebih. "Pasang karet gelang di pergelangan tangan dan hentakkan kareta secara perlahan ke permukaan kulit setiap kali rasa itu muncul," katanya. "Ini akan mengingatkan diri untuk mengarahkan pikiran."

5. Kunyah cokelat

Mengonsumsi cokleat bisa membantu meredakan rasa khawatir. Penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal of Proteome Research, mengungkao, mereka yang makan satu ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu mengalami penurunan hormon stres dalam tubuh.

Menjaga hormon stres tetap seimbang dapat membuat Anda lebih siap untuk menghadapi kekhawatiran dan membantu Anda menangani masalah kehidupan yang tidak stabil. Jika Anda benar-benar ingin meredakan rasa khawatir disarankan memilih dark chocolate yang kaya antioksidan.

6. Yoga

Banyak studi yang menghubungkan antara kebugaran dan kondisi kejiwaan. Pelatih Kebugaran asal Florida, Equinox Kalicinski Sylvia, mengatakan yoga adalah latihan terbaik yang membantu mengontrol rasa cemas.

"Yoga mengajarkan Anda cara bernapas saat mengahadapi kesulitan, mengarahkan pikiran dan energi sementara menjadi lebih sadar akan reaksi Anda," katanya. "Yoga adalah alat yang membantu Anda mengatur ulang sistem saraf dan salah satu alat paling kuat untuk melepaskan stres." (adi)

Take time to consider the points presented above. What you learn may help you overcome your hesitation to take action.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar